Street Futsal

Jumat, 14 September 2012

STREET FUTSAL


Street Futsal adalah futsal yang dimainkan secara ‘liar’ baik di jalanan atau tempat- tempat umum nan unik selain di lapangan asli futsal. Street futsal mempunyai aturan yang berbeda di setiap tempat, ini disebabkan oleh keadaan tempat yang dijadikan lapangannya pun berbeda- beda.


Olahraga jalanan ini pun termasuk olahraga yang ‘keras’ karena biasanya tidak mengenal Out atau keluar garis. Bola akan terus mengalir dan permainan akan terus berjalan ke mana pun bola memantul.
Biasanya olahraga street futsal banyak dimainkan di negara- negara yang gemar akan futsal namun tidak mempunyai cukup lahan yang luas untuk bermain, dan mereka biasa bermain di gang- gang sempit, di bawah jembatan jalan tol, di jalanan, di gedung- gedung kosong yang sudah tidak terpakai.


Permainan ini sangat asyik untuk disaksikan karena unik dari jenis lapangannya dan aksi- aksi para pemainnya yang dituntut harus bisa mengembangkan skill individualnya. Biasanya jumlah pemain street futsal tidak tentu bisa kurang dari 5 (jumlah pemain futsal normal) bahkan lebih dari itu juga ada.


Dewasa ini karena street futsal sudah mewabah ke seluruh nusantara, banyak Produsen- produsen ternama yang mengadakan event- event street futsal yang lebih terorganisir.4 pemain, dalam lapangan yang tertutup kerangkeng, selama 2 babak berjuang keras menunjukkan skill individu dan kekompakan team guna meraih kemenangan. Pertandingan SSG ini emang unik.


Kalau dalam pertandingan olah raga lain babak ditentukan oleh waktu, di sini babak ditentukan oleh lagu!. Babak pertama diiringi live performance dari band sementara babak kedua diiringi oleh musik yang dimainkan DJ. Musik-musik pilihan itu dijamin bakal memacu adrenalin yang membuat pertandingan bola yang nggak kenal kata "out" ini makin dinamis.


Menggunakan basic peraturan futsal sebagai landasan, SSG memiliki kelebihan lain seperti sistem scoring 2 poin kalau gol dicetak oleh keeper atau kalau gol tercipta melalui tendangan "first touch" (bola ditendang sebelum menyentuh tanah). Kalau kedengarannya jadi gokil dan seru, memang itu yang jadi tujuan utama ( Street Futsal) dari event ini.

0 komentar:

Posting Komentar